5 Fakta Menarik Tentang Bandara Terapung Ahmad Yani Di Semarang

Bandara Terapung Ahmad Yani Di Semarang

Berita Online ~ Bandar Udara Ahmad Yani merupakan bandara yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Menurut sejarahnya Bandara ini dulunya merupakan pangkalan udara milik TNI Angkatan Darat yang mulai beroperasi sejak tahun 1966.

Bandar Udara ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1995 dan resmi menjadi bandara internasioanal pada tahun 2004 setelah Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Semarang- Singapura.

Beberapa tahun yang lalu, bandara ini oleh pemerintah direnovasi untuk mengatasi kekurangan kapasitas bandara di Indonesia dengan mega proyek pembangunan terminal baru yang menelan anggaran hingga 2,08 triliun rupiah.

Proses renovasi ini sendiri akhirnya rampung pada Kamis 07 Juni 2018 yang lalu. Saat ini bandara Ahmad Yani telah resmi beroperasi setelah diresmikan oleh presiden Jokowi.

Tapi tahukah kalian jika bandara baru ini memiliki beberapa keunikan yang lain belum pernah ada di bandara lain yang ada di Indonesia ?

Kalau belum maka informasi kali ini wajib untuk kalian lihat, karena kami akan membagikan beberapa fakta unik tentang bandara Ahmad Yani dalam ulasan berikut ini.

Bandara Terapung.jpg

Bandara Terapung Pertama Di Dunia

Fakta unik yang pertama adalah bahwa bandara ini dibangun di atas rawa-rawa yang dikelilingi oleh kolam berair. Jadi seluruh area bandara mulai gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area semuanya sebenarnya berada di atas rawa.

Hal ini membuat bandara Achmad Yani Semarang merupakan bandara terapung pertama di Indonesia bahkan Dunia. Saat memasuki area bandara ini kita akan melewati hamparan rawa-rama hingga memasuki area terminal.

Pemandangan ini tentu menghadirkan suasana baru bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan bandara yang ada di kota Semarang ini.

Tanaman Mangrove.jpg

Ditanami Tanaman Mangrove

Karena memiliki kontur tanah yang sedikit kurang stabil, pada awal pembangunanya banyak yang sedikit skeptis dengan kelayakan bandara ini dalam jangka waktu yang panjang.

Karena itu untuk mengatasi masalah ini disekitar area bandara ditanam sekitar 24 ribu bibit mangrove pada lahan seluas 4.478. Penanaman bibit mangrove ini dimaksudkan untuk memperkuat struktur tanah serta menghindari abrasi dari air laut.

Kapasitas Yang Melonjak Tajam

Sebelum mengalami renovasi seperti saat ini, kapasitas bandara Ahmad Yani hanya mencapai sekitar 800 ribu orang, namun saat ini jumlah tersebut melonjak tajam jadi 6,9 juta penumpang.

Kapasitas penumpang ini melonjak tajam karena luas bandara baru sembilan kali lebih luas dari bandara lama.

Melonjaknya kapasits penumpang ini juga diimbangi meningkatnya luas terminal kargo dari 774 meter persegi, kini menjadi 2.048 meter persegi atau tiga kali lipat lebih luas dari sebelumnya.

Memiliki Sistem Pengolahan Air Modern

Dewasa ini air merupakan sumberdaya yang cukup sulit diperoleh, terutama jika kebutuhan itu dalam skala yang besar. Untuk ukuran sebuah bandara yang besar, kebutuhan air di bandara Ahmad Yani tentu tak kecil.

Hal ini kian dipersulit dengan letak bandara ini yang berada di tempat dengan sumber air payau.

Karena itu selain mengandalkan PDAM sebagai pemasok kebutuhan airnya, Bandara Ahmad Yani juga dilengkapi dengan sitem pengolahan air yang cukup modern.

Dengan menggunakan sistem Reverse Osmosis (RO) bandara ini bisa merubah air payau dan air hujan menjadi air yang layak di konsumsi.

Reverse Osmosis sendiri merupakan sistem pengolahan air buatan NASA yang bisa menyaring zat-zat polutan dalam air.

Eco Airport.jpg

Mengusung Konsep Eco Airport

Selain mengusung sistem pengolahan air Reverse Osmosis, bandara Ahmad Yani juga merupakan bandara dengan konsep Eco-Airport. Itu artinya bandara ini merupakan bandara yang ramah lingkungan.

Dengan konsep go green ini artinya seluruh fasilitas yang ada di bandara Ahmad Yani merupakan material yang ramah lingkungan.

Hal ini bisa kita lihat dengan penggunaan lampu solar cell yang hemat energi karena menggunakan panas matahari sebagai sumber pengisi tenaganya.

Itulah beberapa fakta unik Bandara Ahmad Yani, dengan segala kemajuan yang ada di bandara ini kita patut berbangga diri dengan Bandara yang ada di kota Semarang ini.

Baca Juga : Hendra Yuwono Njo Ditetapkan Sebagai Tersangka Terkait Tenggelamnya KM Lestari Maju

Baca Juga : Pemuda Asal Palangkaraya Tewas Digigit Ular King Kobra Pada Car Free Day

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.