5 Pramugari Yang Memiliki Kisah Dramatis Yang Membuat Heboh Dunia

Kisah Dramatis Pramugari Yang Membuat Heboh Dunia

Berita Online ~ Pramugari bisa dibilang sebagai salah satu sosok yang penting dalam satu maskapai penerbangan selain tentu saja pilot yang menerbangkan pesawatnya.

Baru saja, dunia maya dihebohkan dengan adanya pramugari cantik di maskapai Air Asia, yang fotonya diunggah oleh salah satu penumpang maskapai tersebut.

Selain sosok pramugari yang diketahui bernama Mabel Goo itu, berikut ini adalah beberapa sosok pramugari yang juga bikin heboh :

Liu Miaomiao

Liu Miaomiao yang merupakan wanita asal Tiongkok ini beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai pramugari tercantik di dunia.

Liu resmi dinobatkan sebagai pramugari tercantik di dunia oleh World Air Stewardess Association (WASA). Liu sendiri telah bekerja menjadi pramugari di Shenzen Airlines sejak tahun 2010.

Liu menjadi awak pesawat Shenzhen Airlines setelah melewati berbagai tes ketat. Selama masa training 3 bulan, Liu dan para rekan kerjanya harus belajar banyak hal.

Satu di antaranya, dia harus membuat rambut cepol yang seimbang untuk membuat penampilannya sempurna. Liu juga harus rutin menggigit sumpit untuk berlatih mendapatkan senyuman sempurna.

Selain cantik, Liu juga dikenal sebagai sosok yang ramah, sopan dan selalu melayani penumpang dengan hati yang tenang.

Ia juga dikenal sebagai pramugari yang cerdas serta mampu meredakan emosi penumpang setiap kali ada penumpang yang komplain.

Semangat kerjanya yang tinggi dan kinerjanya yang maksimal sebelumnya pernah mengantarkan Liu menjadi Kepala Pramugari pada tahun 2014.

Para penumpang maskapai dari Tiongkok yang dikenal selalu ramai, heboh dan terkadang membuat jengkel rupanya tidak membuat Liu kewalahan atau putus asa.

Apapun dan bagaimana pun kondisi penumpang di pesawat di mana ia bekerja, ia selalu bisa mengatasinya dengan baik. Ia juga selalu bisa meredam amarah juga emosinya.

Liu adalah seorang pramugari yang benar-benar ramah dan murah senyum kepada siapa saja di sekitarnya.

Vesna Vulovic

Vesna Vulovic mungkin adalah satu orang yang berhasil mendapatkan keajaiban.

Hari itu, 26 Januari 1972, perempuan asal Serbia tersebut selamat dari kecelakaan pesawat yang menimpa maskapai terbesar milik Yugoslavia, JAT Penerbangan 367.

Hari itu, sebenarnya Vesna sedang libur, namun dia kemudian dipanggil untuk bertugas. Perempuan tersebut tertukar dengan pramugari lain yang juga bernama Vesna.

Pesawat yang dinaiki Vesna itu lepas landas dari Bandara Kopenhagen, Denmark, pada pukul 15.15

Namun, nasib naas menimpa pesawat tersebut. Sekitar 16 menit kemudian, ledakan terjadi di kompartemen bagasi pesawat DC-9 itu.

Saking kuatnya, ledakan merobek badan pesawat di tengah penerbangan, tepat di atas wilayah perbatasan Cekoslovakia dan Jerman.

Akibatnya, sebanyak 27 dari 28 awak dan penumpang pesawat tewas seketika saat tubuh mereka tersedot keluar dari pesawat dan terpapar suhu beku.

Sebagian meninggal dunia saat menghantam permukaan bersalju di desa kecil Srbska Kamenice yang populasinya hanya 250 orang.

Ajaibnya, hanya Vesna yang berhasil selamat. Padahal, Vesna terjatuh dari ketinggian sekitar 10 ribu meter, tanpa parasut yang terpasang di badannya.

Ia ditemukan oleh seorang warga desa bernama Bruno Honke, yang kaget bukan kepalang saat mendengar suara rintihan minta tolong di antara puing-puing pesawat yang berserakan.

Vesna pada saat itu terluka sangat parah, dan bisa saja meninggal saat itu juga.

Vesna berlumuran darah, dan mengalami retak atau patah tulang di sekujur tubuhnya, mulai dari tengkorak, dua kakinya, dua tulang belakang, seluruh panggulnya, sampai beberapa tulang iga.

Untungnya, salju tebal dan lokasi jatuhnya pesawat di antara pepohonan di hutan yang menutupi lereng bukit mengurangi dampak tumbukan yang cukup untuk menyelamatkan nyawanya.

Vesna mengalami koma selama beberapa minggu setelah kejadian. Saat sadar, sang pramugari kehilangan memori soal apa terjadi pada detik-detik kecelakaan, atau ketika ia jatuh dari ketinggian.

Ternyata, diketahui dia tak langsung tersedot keluar pesawat saat ledakan terjadi.

Saat ledakan, Vesna terperangkap di kursinya, namun secara ajaib sebuah troli makanan menahan tubuhnya sehingga dia tak langsung keluar pesawat.

Meskipun awalnya lumpuh dari pinggang ke bawah, dalam beberapa bulan, Vesna sembuh total.

Dia bahkan menjalani kehidupan normal selama 40 tahun kemudian, hingga akhirnya meninggal dunia pada 23 Desember 2016. Vesna Vulovic dianggap pahlawan di negaranya.

Namanya harum sebagai “perempuan yang mempercundangi maut” di seantero Eropa. Ia bahkan masuk dalam daftar Guinness Book of World Records.

Ellen Church

Ellen merupakan sosok pramugari pertama di dunia. Kisahnya dimulai pada bulan Februari 1930.

Saat itu, Ellen yang masih berusia 25 tahun mendatangi Boeing Air Transport (BAT) untuk melamar menjadi seorang penerbang atau pilot. Sayangnya, lamaran itu ditolak lantaran dinilai tak memenuhi syarat.

Ellen sendiri sudah mengagumi pesawat terbang sejak kecil. Bahkan dia juga bercita-cita untuk menjadi penerbang, dan bertekad suatu saat nanti bisa menaklukkan profesi yang tadinya didominasi oleh kaum pria itu.

Tahu lamarannya ditolak, Ellen tak kehabisan akal. Dia mencari cara untuk bisa tetap terbang di pesawat meskipun bukan menjadi penerbangnya.

Ellen pun meyakinkan pejabat BAT pada saat itu, Steve Stimpson, bahwa masih banyak orang yang takut untuk terbang, karena itu pilot membutuhkan orang lain yang bertugas untuk mendampingi penumpang-penumpang pesawat agar mereka dapat terbang dengan tenang.

Menurut Steve, usul dari Ellen itu bisa diterima dan masuk akal. Setelah melalui beberapa kali pertimbangan, para petinggi memutuskan untuk melakukan usul dari Ellen itu selama 3 bulan.

Ellen dan juga Steve pun ditugaskan untuk mencari wanita yang mau melakukan pekerjaan menenangkan penumpang itu, yang sebelum disebut pramugari dulunya disebut dengan sky girls alias perempuan angkasa.

Rupanya, syarat menjadi pramugari dulunya tidaklah mudah.

Berbeda dengan sekarang yang umumnya jika memiliki kepribadian serta penampilan menarik sudah bisa diterima sebagai pramugari, dulu untuk menjadi pramugari harus bisa menguasai berbagai bidang, mulai dari medis, ilmu pertukangan, serta membantu untuk memasukkan pesawat ke dalam hanggar, mengikat sayapnya, dan mengganjal rodanya.

Selain itu, para calon pramugari haruslah seorang perawat, belum menikah, berat badan maksimal 52 kg, dan tinggi tidak lebih dari 1,62 m.

Akhirnya, Ellen beserta 7 wanita lainnya pun diterima sebagai pramugari pesawat.

Mereka pun bekerja di maskapai United Airlines, dan mulai terbang pada tanggal 15 Mei 1930.

Sejak saat itu, maskapai penerbangan lainnya pun mengikuti jejak mereka untuk mempekerjakan wanita sebagai seorang pramugari di pesawat terbang

Neerja Bhanot

Neerja Bhanot asal India bisa dibilang sebagai sosok pramugari paling berani dan juga paling heroik sepanjang masa.

Kala itu, 5 September 1986, ia menjalankan tugas pertama sebagai pramugari senior dalam pesawat Pan Am Penerbangan 73 dari India menuju Amerika Serikat.

Saat mendarat di Bandara Karachi, Pakistan, burung besi yang mengangkut 361 penumpang dan 19 awak tersebut menjadi target pembajakan.

Tahu ada yang tak beres, Neerja pun memperingatkan awak pesawat yang ada di kokpit.

Lalu tiga orang di kokpit, yakni pilot, kopilot, dan teknisi pesawat segera kabur, sehingga kapal terbang itu tak bisa mengudara ke tempat yang diinginkan para teroris, yaitu Siprus.

Pesawat tetap berada di atas aspal landasan karena tak ada pilot yang menerbangkannya.

Setelah 17 jam penyanderaan, para pembajak mulai memuntahkan peluru dan meledakkan bom.

Yang dilakukan Neerja kemudian berhasil menyelamatkan 359 dari 380 orang yang ada dalam pesawat. Caranya, pramugari itu diam-diam memasukkan pesan di antara lembaran majalah untuk penumpang yang duduk di dekat pintu darurat.

Ia kemudian membantu mereka membuka pintu dan mengembangkan perosotan darurat. Neerja bisa saja menjadi yang pertama keluar dari kapal terbang, namun dia tak langsung turun, melainkan berdiri di belakang dan memandu para penumpang keluar dari pesawat.

Sayangnya, Neerja Bhanot kemudian tewas terkena tembakan para pembajak itu saat menggunakan tubuhnya sebagai perisai hidup untuk melindungi dua anak-anak.

Salah satu dari anak tersebut, yang kala itu berusia 7 tahun, kelak menjadi kapten penerbang di sebuah maskapai besar.

Ia tak akan pernah melupakan sosok perempuan cantik, murah senyum, berseragam pramugari, yang bertindak lebih dari sebagai awak kabin. Baginya Neerja Bhanot adalah pahlawan yang menyelamatkan nyawanya.

Bette Nash

Jika Liu Miaomiao adalah pramugari tercantik di dunia, maka Bette Nash adalah pramugari tertua di dunia.

Bette Nash adalah seorang wanita 82 tahun yang masih aktif menjadi pramugari.

Bette diketahui bercita-cita menjadi pramugari saat dia masih berusia 16 tahun, yang waktu itu tengah duduk bersama ibunya di Bandara Nasional Reagan Washington.

Dia melihat pilot dan pramugari yang bolak-balik melintas di depannya. Dia langsung berpikir bahwa suatu saat nanti ia juga akan bekerja seperti mereka.

Waktu terus berjalan, hingga Bette duduk di bangku kuliah. Setelah wisuda dari sebuah universitas, Bette pun melakukan seperti apa yang dicita-citakan sebelumnya, yaitu menjadi pramugari.

Bette Nash menjadi pramugari sejak usianya masih 21 tahun, yaitu ketika Dwight Eisenhower menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Ia bergabung menjadi pramugari di American Airlines pada 4 November 1957. Berbeda dengan profesi pilot yang harus pensiun pada usia 65 tahun, di Amerika Serikat tak ada batasan untuk seseorang menjadi pramugari.

Meski di usia senja, Bette masih memiliki semangat bekerja yang luar biasa dalam melayani penumpang di American Airlines dengan rute perjalanan Washington-Boston.

Hal tersebut membuat Bette Nash menjadi sorotan masyarakat dan dikagumi oleh para penumpangnya.

Di tengah kesibukannya menjadi pramugari, Bette Nash tetap menjadi seorang ibu yang bertanggung jawab. Di rumahnya yang terletak di Virginia, Washington, Bette Nash dengan setia merawat dan menyiapkan makan untuk putra satu-satunya yang cacat.

Baca Juga : 5 Bodyguard Wanita Cantik Yang Menjadi Penjaga Pemimpin Dunia

Baca Juga : 4 Perdana Mentri Yang Suka Bersepeda Ke Kantornya

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Kalian Di Agen Togel Terpercaya Musimtoto

Cash Back 2% Dan Bonus Free Saldo 10rb Untuk New Member

Agen Togel Online Terpercaya
zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.