Tim Basarnas Kesulitan Dalam Pengangkatan Bangkai Kapal KM Sinar Bangun

Pengangkatan Bangkai Kapal KM Sinar Bangun

Berita Hari Ini ~ Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil menemukan KM Sinar Bangun di kedalaman 450 meter di Danau Toba, Sumatera Utara. Basarnas tampaknya kesulitan mengangkat KM Sinar Bangun karena berbagai faktor.

“Jadi lokasi penemuan itu berserakan,” kata Kabasarnas Marsdya M. Syaugi di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (28/6).

Selain itu, jarak pandang untuk menemukan KM Sinar Bangun juga sangat kecil ROV yang diterjunkan untuk mencari KM Sinar Bangun juga tidak bisa membantu banyak dalam proses pengangkatan kapal.

“Jadi kalau saya melihat kamera tersebut, kita kapalnya sendiri belum melihat tapi talinya sendiri sudah melihat karena keterbatasan jarak pandang di dasar itu sangat pendek, walaupun alat ini sudah menggunakan lampu jadi kita harus berputar 360 derajat maju,” kata

Syaugi mengatakan, hingga saat ini tim masih berupaya mencari cara untuk bisa mengangkat bangkai KM Sinar Bangun yang kini berada di kedalaman 450 meter. “Jadi kita masih memikirkan (metode evakuasi kapal) karena kita belum punya alat untuk mengangkat dari kedalaman 450 meter,” ucap Syaugi.

Bangkai Kapal KM Sinar Bangun.jpg

Sementara itu, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono menyebut proses evakuasi tersebut selain terkendala jarak pandang dan peralatan, lokasi geografis penemuan kapal juga menjadi kendala.

“Daerah dekat situ juga ada jurang. Seperti Kabasarnas (katakan) tadi kedalamannya lebih dari 600 meter. Jadi kalau sampai masuk ke sana semakin sulit lagi,” jelas dia.

Soejanto mengatakan, butuh perencanaan matang sebelum memutuskan untuk mengangkat bangkai KM Sinar Bangun. Jangan sampai, insiden lain justru terjadi saat proses pengangkatan kapal dilakukan.

“Jadi tidak tergesa-gesa, jadi harus benar-benar kita pikirkan. Jangan sampai si kapal yang kita temukan di posisi ini. Kita salah malah masuk di dalam jurang,” papar Soerjanto.

Baca Juga : Kombes Ekotrio Budhiniar Dicopot Dari Jabatannya Karena Oragon Kepada Bawahan

Baca Juga : 5 Kisah Nyata Balas Dendam Hewan Terhadap Manusia Yang Pernah Terjadi

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.