Beberapa Tokoh-Tokoh Legendaris Suku India Yang Terkenal

Berita Hari Ini ~Suku Indian merupakan kelompok masyarakat adat yang telah lama bermukim di benua Amerika, mereka juga merupakan penduduk asli.

Hari ini, 17 Januari di tahun 1873, ada sekelompok prajurit suku Indian Modoc mengalahkan pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat dalam First Battle of the Stronghold, bagian dari Perang Modoc.

Berpuluh tahun sebelumnya, pada suku Indian terbagi menjadj beberapa kelompok sub suku di antaranya ada Apache, Suku Apache, Sioux, Creek, Cheeroke, Navajo, Kiowa, Iroquois, Comanche, Lakota, Pueblo, Aztec, Inca, Maya, Red Skin, Tarahumara, dan Mandan.

1. Tecumseh

Tecumseh merupakan pemimpin suku Indian, Shawnee. Ia lahir pada Maret 1768 dan meninggal pada 5 Oktober, 1813). Ia terkenal sebagai penggerak konfederasi suku besar yang menentang Amerika Serikat selama Pertempuran Tecumseh dan pertempuran yang terjadi pada tahun 1812 hingga terlaksannya konfederensi Tecumseh. Meninggalnya Tecumseh terjadi saat terjadinya perang Pertempuran Thames di tahun 1813, dan ia pun dimakamkan di Walpole Island, Kanada.

2. Tenskwatawa

Masih bertalian saudara dengan Tecumseh, Tenskwatawah, lahir lada tahun 1775 dan wafat pada November 1836. Ia dikenal sebab posisinya di kelompok masyarakat sebagi orang Indian, pemimpin agama dan politik dari suku Shawnee, yang disebut sebagai Nabi atau Nabi Shawnee.

Menyadur dari laman ohiohistorycentral.org, menyebutkan bahwa mula Tenskwatawa sebagai nabi dimulai saat pria bernama asli Lalawethika ini jatuh ke dalam keadaan trance yang dalam.

Keluarganya percaya bahwa dia telah meninggal dan mempersiapkan tubuhnya untuk pemakaman.

Kemudian dia, Lalawethika sadar kembali dan mengklaim bahwa Master of Life, dewa Shawnee, telah mengunjunginya. Menurut Lalawethika, Master of Life mengatakan kepadanya bahwa Indian Amerika Ohio harus melepaskan semua kebiasaan dan produk kulit putih.

Master of Life dilaporkan memandang ketergantungan orang Indian Amerika pada senjata api, peralatan masak besi, manik-manik kaca, dan alkohol sebagai dosa terburuk yang mungkin terjadi. Singkatnya Tenskwatawa sosok petinggi suku Indian Shawnee yang mengajak kelompoknya untuk kembali menerapkan cara hidup tradisional.

Sepanjang tahun 1805 pengikutnya tumbuh senakin banyak walaupun sebelumnya ada beberapa yang skeptis akan kebenaran Tenskwatawa. Ia dan pengikutnya pun akhirnya .membentuk sebuah desa di Greenville di Ohio.

Dan di sana bertemu dengan berbagai suku yang tinggal di Negara Bagian Ohio dan Wilayah Indian, seperti Seneca, Wyandot, dan Ottawa. Tahun 1806 ketenarannya semakin meningkat sebab ramalannya tentang gerhana matahari.

Mengetahui hal tersebut, Gubernur Wilayah Indiana, William Henry Harrison, khawatir akan bertambahnya jumlah pengikut Nabi.

3. Sacagawea

Sacagamea lahir di Lemhi County, Idaho, pada 1788. Ia merupakan oerempuan suku Indian Shonshone yang sangat populer. Populernya sosok Sacagawea karena sumbangsihnya dalam ekpedisi Lewis dan Clark yang berperan sebagai penerjemah bahasa lisan supaya ekpedisi ini bisa melewati Sungai Missouri saat musim semi tiba.

Sebagai tanda pamrih pada Sacagawea, sebuah sungai dinamai atas namanya yakni Sungai Sacagawea setelah ia, Sacagawea berusaha menyelamatkan barang berharga kelompok ekpedisi Clark dan Lewis. Sacagawea meninggal pada 20 Desember 1812 akibat penyakit misterius, setelah 2 tahun sebelumnya melahirkan anak keduanya bernama Lizette.

Nama Sacagawe hingga kini dikenang sebagai suku Indian simbol kemerdekaan serta nilai-nilai perempuan pada pelaksanaan Asosiasi Hak Pilih Perempuan Nasional awal abad 20.

Baca Juga:Peristiwa Aneh Terjadi saat Angin Puting Beliung Melanda Serta Hujan Ikan

Baca Juga:Cara Unik Warga Jepang Menantikan Perayaan Tahun Baru Beragam Festival Tradisional

 

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.