Berlian Biru Begitu Diburu Bagi Para Ilmuwan

Berita Hari Ini ~Batu berlian terbentuk miliaran tahun yang lalu dan beberapa di antaranya telah membuat kita terpesona.

Saat ini berlian adalah ungkapan janji cinta abadi, simbol kekayaan atau kemewahan yang telah lama diidam-idamkan.

Di masa lalu, batu berlian dipercaya bisa menyembuhkan dan diyakini memberi kekuatan dan perlindungan terhadap semua musuh dan semua kejahatan, bahkan mimpi buruk.

Di India, kepercayaan itu terkait dengan tokoh-tokoh suci Veda dan kemudian Hindu

Dalam majas “Sutra Berlian”, yang berasal dari tahun 868 Masehi, berlian adalah bahan yang “menembus ilusi duniawi untuk menerangi apa yang nyata dan abadi.”

Tapi mungkin yang paling puitis adalah orang Yunani kuno, yang bagi mereka berlian adalah air mata yang diteriakkan oleh para dewa atau pecahan bintang jatuh.

Namun yang luar biasa adalah bahwa kebenaran tentang berlian hampir sama luar biasanya dengan semua kepercayaan itu.

Apa keistimewaannya?

Batu berlian terbuat dari unsur yang menjadi dasar kehidupan itu sendiri: karbon.

Luar biasa tangguh, berlian dapat menahan tekanan yang cukup untuk menciptakan kembali kondisi ekstrem di mana mereka dilahirkan. Namun, dengan kombinasi panas dan oksigen yang tepat, batu itu akan menghilang dalam kepulan karbon dioksida.

Selain kilau dan kecemerlangannya yang luar biasa, berlian adalah bahan yang paling kaku, tahan secara kimiawi terhadap sebagian besar asam dan alkali, transparan dari ultraviolet dan sinar inframerah.

Berlian juga salah satu dari sedikit material dengan afinitas elektron negatif.

Batu ini terbentuk secara alami di beberapa tempat di Bumi, baik di kedalaman benua atau di tumbukan meteorit.

Berlian pun muncul ke permukaan dengan cara yang eksplosif, dalam magma dari beberapa letusan paling aneh dalam sejarah, dari beberapa gunung berapi yang berakar jauh di dalam planet ini.

Tidak semua berlian berbentuk transparan atau agak kuning atau coklat, seperti yang biasa kita bayangkan.

Ada juga yang berwarna dan disebut “fantasi”: merah, biru dan hijau adalah yang paling langka, dan oranye, ungu, kuning dan hijau kekuningan adalah yang paling umum.

Tapi semuanya, begitu terbentuk, memiliki kemampuan unik untuk menampung dan melindungi mineral apa pun yang terkandung dalam struktur kristalnya, memberi para ilmuwan sampel khusus mineralogi dan sekilas kondisi di bawah bumi.

Dan dalam hal itu, berlian biru tergolong luar biasa.

Di mana bisa ditemukan?

Kebanyakan berlian terbentuk pada kedalaman sekitar 150 kilometer di bawah daratan.

Berlian biru asalnya hingga empat kali lebih dalam, di lapisan mantel bumi yang lebih rendah.

Teka-teki berselimutkan misteri

Berlian biru, untuk sebagian besar sejarah, merupakan misteri. Tidak diketahui mengapa mereka memiliki warna yang indah.

Akhirnya ditemukan bahwa itu karena batu itu mengandung jejak boron, unsur kimia metaloid yang dapat memasuki struktur kisi kristal berlian selama pertumbuhannya.

Tapi begitu misteri itu terbongkar, sebuah teka-teki muncul.

Jika berlian biru terbentuk di lapisan mantel bumi, sedangkan boron terkonsentrasi di kerak bumi, jadi dari mana berlian ini mendapatkan boronnya?

Jawaban atas teka-teki geokimia itu akan memberi kita petunjuk tentang kedalaman planet ini.

Hipotesis yang diajukan oleh kelompok penelitian yang dipimpin Smith adalah bahwa boron berasal dari dasar laut dan diangkut menuju lapisan mantel bumi ketika satu lempeng tektonik meluncur di bawah lempeng lainnya, sebuah proses yang dikenal sebagai subduksi.

Dengan memasukkan dirinya ke dalam mineral kaya air, ia mampu meluas jauh ke dasar laut, bahkan ke bagian mantel lempeng samudera.

Menemukan jejak boron dalam berlian yang lahir pada jarak sedemikian jauh dari permukaan bumi mengungkapkan bahwa mineral yang mengandung air berjalan jauh lebih dalam ke mantel bumi daripada yang diperkirakan sebelumnya , menunjukkan kemungkinan siklus hidrologi super dalam.

Seperti yang dikatakan Harlow, berlian biru “tidak hanya indah dan langka, tetapi juga sangat menarik. Mereka mengajari kita banyak hal tentang planet ini.”

Baca Juga:Kisah Orang Biasa Yang Menikahi Keluarga Kerajaan

Baca Juga:4 Perang Besar Didunia Yang Menelan Korban Jutaan Jiwa

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.