Dua Penambang Emas Ilegal Di Gunung Botak Tewas Tertimbun Longsor

Penambang Emas Ilegal Di Gunung Botak

Berita Hari Ini ~ Dua orang penambang emas tewas dan dua lainnya luka-luka saat terjadi longsor di lokasi pertambangan tanpa ijin (PETI) Gunung Botak, Kecamatan Wamsait, Kabupaten Pulau Buru. Kapolres Pulau Buru AKBP Adiyta B Satrio menyebut insiden tersebut terjadi pada Kamis (2/8) sekitar pukul 22.00 WIT.

Kedua penambang yang tewas tersebut adalah Ner (30) asal Jabar dan Luther Lehalima (43) asala Silale. Sedangkan dua korban yang luka adalah Bani (41) dan Aji (42) yang berasal dari Jawa.

“Saat kejadian empat orang penambang tersebut sedang melakukan aktivitas penambangan emas pada lokasi tambang ilegal milik Lis Towely alias Mama Seram,” ujar Adiyta, Sabtu (4/8).

Menurut Adiyta, peristiwa tersebut bermula saat para penambang mulai memasuki lubang galian atau paritan tambang setelah alat pengisap pasir dimatikan. Saat itulah dinding tebing atau puritan longsor dan menimpa keempat penambang yang ada di dalam lubang penambangan ilegal tersebut.

Ia menambahkan, jenazah kedua korban meninggal baru dievakuasi dari lokasi kejadian menuju Desa Debowae sekitar pukul 01.30 WIT untuk kemudian disemayamkan sebelum dikembalikan ke desa asalnya.

Aktivitas penambangan emas ilegal di lokasi Gunung Botak mulai ramai sejak ditemukan oleh salah seorang transmigran secara tidak sengaja pada tahun 2011.

Pemerintah provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Pulau Buru dengan dibantu TNI dan Polri telah puluhan kali berusaha menutup lokasi tambang emas ilegal tersebut termasuk menurunkan secara paksa para penambang yang datang dari berbagai daerah, tetapi aktivitas ilegal tersebut masih terus berlangsung.

Baca Juga : Hari Pendaftaran Capres Dan Cawapres Dibuka Pada Tanggal 04 Agustus

Baca Juga : Pria Asal Tangerang Nekat Bakar Rumah Pujaan Hatinya Karena Cinta Di Tolak

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.