5 Negara Ini Memiliki Keunikan Tersendiri Yang Menakjubkan

Negara Yang Memiliki Keunikan Yang Menakjubkan

Berita Online ~ Jika disuruh untuk menyebutkan negara, mungkin yang bakal terpikirkan adalah negara Indonesia, negara kita sendiri, atau negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, atau Tiongkok.

Sebenarnya, selain dari negara-negara yang sudah disebutkan tadi, masih ada negara-negara lain yang kurang terkenal. Meski kurang terkenal, ternyata negara-negara itu memiliki keunikannya sendiri.

Berikut adalah 5 Negara Berkeunikan Tersendiri Yang Menakjubkan dan tidak diketahui banyak orang :

Negara Nauru

Nauru, atau lebih lengkapnya Republik Nauru, adalah sebuah negara yang sebelumnya bernama Pulau Pleasant. Nauru sendiri merupakan pulau kecil yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan.

Untuk lebih mudahnya, letak Nauru adalah sebelah Timur dari pulau Papua, Indonesia. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kurang lebih sama dengan jarak Pulau Papua ke Pulau Jawa.

Nauru dulunya adalah negara jajahan Inggris pada tahun 1919. Setelah itu, tepatnya pada tahun 1942, Jepang juga pernah menduduki negara ini. Kemudian pada tahun 1968, barulah Nauru menjadi negara yang merdeka dari Inggris.

Luas dari Nauru adalah 21 km persegi. Karena itulah, Nauru menjadi negara terkecil di Pasifik Selatan, serta menjadi negara bagian ketiga terkecil menurut wilayah di dunia, setelah Vatikan dan Monako.

Yang unik dari negara Nauru ini adalah para penduduknya. Para penduduknya terbilang sebagian besar mengalami obesitas. Menurut WHO, 95 persen penduduk Nauru adalah orang yang berubuh gemuk atau mengalami obesitas.

Selain diabetes, ternyata penduduk Nauru juga banyak yang menderita penyakit gula atau diabetes. Penyebabnya adalah penduduk Nauru sering mengimpor makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi.

Karena penduduk Nauru kebanyakan obesitas, maka pemerintah pun membuat program pelangsingan untuk mengurangi tingkat kegemukan penduduknya. Program pemerintah itu antara lain adalah kelas senam gratis, olahraga, seminar gizi, sampai mengadakan lomba penurunan berat badan.

Negara Vanuatu

Jika Nauru letaknya berdekatan dengan Pulau Papua, maka Vanuatu adalah negara yang letaknya dekat dengan Australia. Pada masa penjajahan, negara ini dulunya bernama Hebrides Baru. Karena letaknya yang berada di Oseania, maka sudah pasti keindahan alam di Vanuatu tak perlu diragukan lagi.

Keunikan dari negara Vanuatu adalah adanya salah satu sukunya yang bernama Yaohnanen. Suku tersebut merupakan suku yang memuja Pangeran Philip alias suami ratu Inggris.

Jadi, orang-orang yang berasal dari suku Yaohnanen banyak memajang foto sang Pangeran untuk kemudian disembah layaknya dewa. Menurut mereka, Pangeran Philip adalah salah satu keturunan dari dewa mereka.

Suku Vanuatu lainnya juga tak kalah unik, karena ada yang menyembah pesawat terbang dan juga tentara Amerika Serikat sebagai dewa mereka. Saat melakukan pemujaan pada bulan Februari, para sesepuh atau kepala suku bersangkutan menggunakan mendali tentara Amerika dan juga mengibarkan bendera Amerika Serikat.

Selain itu, para warga menuliskan kata USA di badannya dan mengikuti perkataan yang diucapkan oleh kepala suku.

Keunikan lain dari Vanuatu yaitu meskipun memiliki pemandangan alam yang indah, Vanuatu ternyata adalah negara yang langganan bencana alam. Vanuatu pernah mengalami gempa bumi sebanyak 4 kali seminggu.

Bahkan, pernah juga terjadi badai topan, salah satunya yang terjadi pada tahun 1987, yang tergolong badai besar dan memakan korban jiwa. Bahkan, Vanuatu juga sering terjadi letusan gunung berapi, sampai bencana tsunami.

Negara San Marino

San Marino, atau Republik San Marino, jadi salah satu negara yang kurang terkenal berikutnya. Meski kurang terkenal, ternyata negara yang berada dekat dengan negara Italia ini punya beberapa predikat, seperti negara terkecil kelima di dunia, negara terkecil ketiga di Eropa, dan merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia.

Republik San Marino dibentuk oleh Santo Marinus (San Marino dalam bahasa Italia) pada tahun 301. Meski sudah menjadi negara yang berdiri sendiri, ternyata San Marino masih bergantung penuh pada Italia, negara tetangga yang mengelilingi San Marino.

Selain menjadi negara di tengah negara, San Marino juga punya keunikan lainnya, yaitu mengenai jumlah mobil yang ada di negara tersebut. Percaya atau tidak, total mobil yang beroperasi di San Marino ternyata lebih banyak daripada penduduknya.

Diketahui dari 1.000 total penduduknya, jumlah mobilnya mencapai 1.139 unit. Hal itu dikarenakan satu penduduk San Marino ada yang memiliki mobil lebih dari satu. Jika semua mobil itu turun ke jalan, sudah pasti jalanan San Marino akan macet total. Untung saja, masih belum ada kabar bahwa negara San Marino mengalami macet.

Keunikan lainnya adalah San Marino merupakan negara yang tak memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai atau PPN, serta negara yang tak melakukan prosedur pengecekan paspor bagi para wisatawan mancanegara yang mengunjungi San Marino.

Bahkan diketahui pula San Marino memiliki dua kepala negara, yang dipilih dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan April dan Oktober. Jika di negara-negara republik pemimpin negaranya dikenal dengan nama Presiden, maka di San Marino istilahnya adalah Wali Kapten, atau aslinya disebut Capitani Reggenti.

Negara Niger

Memiliki nama yang mirip, Niger memang merupakan negara tetangga dari Nigeria, yang terletak di bagian barat Afrika. Meski kalah populer dibandingkan Nigeria, ternyata Niger punya keunikannya sendiri, yaitu salah satunya mengenai penduduknya.

Menurut data yang ada, penduduk Niger kebanyakan adalah anak muda, atau lebih tepatnya remaja. Sebagian besar, atau lebih tepatnya lebih dari 50 persen dari penduduk Niger, berusia di bawah 14 tahun. Jika kalian pergi mengunjungi Niger ini, jangan heran kalau kalian jarang menemui orang dewasa.

Niger juga memiliki julukan yang unik. Negara yang merdeka pada tanggal 3 Agustus 1960 dari jajahan Prancis ini memiliki julukan Panci Penggorengan Dunia, karena menjadi salah satu negara dengan suhu terpanas di dunia.

Predikat lain yang didapat negara Niger ini adalah Niger menjadi negara Afrika Barat paling besar, dengan daratan seluas 1.267.000 km persegi.

Meski demikian, Niger termasuk negara yang miskin. Niger menghadapi tantangan serius terhadap pembangunan karena posisi negaranya yang terkurung daratan, sampai pendidikan yang buruk.

Niger juga kerap mengalami masalah kesehatan penduduknya serta masalah lingkungan hidup. Sebagian wilayah Niger yang bukan gurun terancam mengalami kekeringan dalam waktu yang lama, dan nanti akan berubah menjadi gurun juga.

Negara Comoros (Komoro)

Komoro (kadang ditulis Comoros), atau yang bernama lengkap Republik Islam Federal Komoro, merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian timur Afrika dan bertetangga dengan Madagaskar.

Nama Komoro sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu “qumr” (putih) atau “qamar” (bulan). Memang kabar mengenai negara Komoro ini jarang terdengar atau bahkan tidak ada, sehingga wajar jika masih banyak penduduk dunia yang masih belum mengetahui negara ini.

Salah satu keunikan dari Komoro ini terletak pada benderanya. Jika bendera negara Afrika lainnya hanya memasang satu bulan sabit dan satu bintang, maka bendera Komoro ini terbilang anti mainstream karena memasang satu bulan sabit dan empat bintang. Keempat bintang itu menggambarkan empat pulau utama yang ada di negara Komoro.

Keunikan lain dari Komoro adalah Komoro menjadi anggota di banyak perserikatan, misalnya African Union, Francophonie, Liga Arab, dan Indian Ocean Commision, padahal organisasi tersebut berisikan negara-negara yang berbeda secara teritori. Bagaimana ceritanya bisa terjadi seperti itu? Tak ada yang tahu.

Itulah negara-negara yang kurang terkenal namun memiliki keunikannya sendiri. Terlepas dari keunikannya, negara-negara yang sudah disebutkan di atas memiliki keindahan alam yang luar biasa, sehingga membuat betah wisatawan yang berkunjung ke sana.

Baca Juga : 5 Wanita Cantik Yang Merupakan Seorang Pembunuh Kejam Berdarah Dingin

Baca Juga : Gol Evan Dimas Bawa Timnas Indonesia Tekuk Mauritius Pada Internasional Friendly Match

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.