5 Presiden Dengan Masa Jabatan Terpanjang Sepanjang Sejarah

Presiden Dengan Masa Jabatan Terpanjang

Berita Online ~ Dalam negara republik, jelas pemimpin negaranya adalah seorang presiden. Tanpa presiden, maka roda pemerintahan negaranya tak akan bisa berjalan dengan baik.

Di kebanyakan negara, termasuk Indonesia, presiden memiliki masa jabatan. Namun masa jabatan itu bukannya selama karena ada kalanya presiden itu harus diganti, entah karena pemerintahannya kurang baik sehingga tak dipilih lagi oleh rakyat, atau memang di negara tersebut membatasi masa jabatan presiden, seperti di Indonesia yang hanya bisa maksimal 2 periode.

Namun, ada beberapa negara yang tak menganut sistem presidensial, yaitu sistem yang membatasi masa kerja presiden, sehingga negara tersebut bisa memiliki presiden yang berkuasa dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah 5 Presiden Dengan Masa Jabatan Terpanjang Sepanjang Sejarah :

Ali Abdullah Saleh (33Tahun)

Ali Abdullah Saleh adalah presiden pertama Yaman setelah Yaman Utara dan Yaman Selatan bersatu pada tahun 1990. Sebelumnya, Saleh sudah jadi presiden pada tahun 1978, tetapi hanya untuk Yaman Utara saja.

Jika dihitung dari masa jabatannya jadi presiden Yaman Utara, maka total dia memiliki masa jebatan selama 33 tahun, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2012.

Alasan pengunduran diri itu adalah karena rakyat melakukan unjuk rasa besar-besaran pada tahun 2011. Selama pemerintahan Saleh, awalnya Yaman baik-baik saja, namun lama-lama perekonomian mulai memburuk karena Saleh secara terang-terangan melakukan praktik korupsi dan tidak mau mengembangkan sumber pemasukan selain minyak.

Karena itulah, Saleh yang berasal dari etnis Hashed dikucilkan oleh keluarganya sendiri.

Saleh dikabarkan tewas akibat ditembak oleh militan Houthi pada tanggal 4 Desember 2017 dalam sebuah bentrokan sengit di Ibu Kota Sanaa.

Saleh dilaporkan dibunuh dengan puluhan tembakan di kepala dan perut. Sebelum mantan presiden Yaman tersebut dibunuh, pada hari yang sama milisi pemberontak Houthi meledakkan rumah Saleh di pusat Ibu Kota Sanaa.

Muammar Gaddafi (42Tahun)

Muammar Gaddafi adalah pemimpin Libya yang berkuasa kurang lebih selama 42 tahun. Ia mulai berkuasa pada tahun 1969 saat usianya baru mencapai 27 tahun. Selama masa kepemimpinannya, dia dianggap sebagai diktator. Karena itu Gaddafi disebut-sebut sebagai pemimpin diktator yang paling lama masa jabatannya.

Gaddafi disebut diktator karena dalam memimpin dia tercatat pernah melakukan korupsi, melakukan intervensi militer di Afrika, dan juga pelanggaran HAM terhadap masyarakat Libya. Hal itulah yang kemudian membuat Qaddafi ditentang oleh warganya sendiri.

Masa jabatan Gaddafi berakhir setelah dia tewas. Ketika peristiwa Arab Spring terjadi pada 2011, tentara NATO mendukung masyarakat Libya yang mencoba menggulingkan Gaddafi. Gaddafi pun terbunuh pada 20 Oktober 2011 di kota kelahirannya, Sirte.

Walau dikenal sebagai diktator, ternyata Muammar Gaddafi juga punya beberapa jasa bagi negaranya, seperti membebaskan biaya listrik untuk warganya, tidak ada bunga pinjaman, pendidikan dan perawatan medis gratis, bahkan membayar pengangguran dengan rata-rata gaji profesi sebagaimana jika ia atau dia bekerja sampai kerja ditemukan.

Jose Eduardo Dos Santos (38Tahun)

Jose Eduardo dos Santos adalah presiden kedua Angola, yang sudah mulai berkuasa sejak tahun 1979, tepatnya pada tanggal 10 September. Masa jabatannya berakhir pada tanggal 26 September 2017, yang berarti dia menjadi presiden selama 38 tahun.

Sebelumnya, tahun 2002, Santos mengaku siap untuk mengundurkan diri, namun ternyata itu hanya omong kosong belaka, dan dia terus menjadi presiden sampai tahun 2017.

Santos diketahui menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Angola (FAA) dan pendiri serta presiden partai Gerakan Rakyat untuk Pembebasan Angola (MPLA), partai yang berkuasa di Angola sejak kemerdekaannya di tahun 1975.

Setelah merdeka, Santos diangkat jadi Menteri Luar Negri pertama Angola, di mana dia berperan penting dalam mendapatkan pengakuan dunia internasional akan pemerintahan MPLA.

Santos juga ternyata diangkat jadi presiden, setelah meninggalnya pemimpin Angola sebelumnya, Agostinho Neto, karena kanker. Hal ini menunjukkan bahwa dia diangkat jadi presiden tanpa pemilihan umum.

Yang membuat dia bertahan lama menjabat sebagai presiden adalah adanya pemusatan kekuasaan di satu tangan. Mereka yang dianggap sebagai lawan-lawan politik, baik itu jenderal, polisi maupun politisi, semua dilemahkan. Pelemahan itu dilakukan dengan cara memberikan berlian, bidang usaha, dan kekayaan pada mereka.

Meski demikian, ternyata sosok Santos dianggap sebagai sosok yang low profile. Gaya hidupnya tidak mewah, dan dia tak pernah difoto di ruang kerjanya, sehingga tak banyak yang tahu seperti apa suasana ruang kerjanya sebagai presiden.

Teodoro Mbasogo (38 tahun)

Serupa dengan Presiden Angola Jose Eduardo dos Santos, Teodoro Mbasogo juga menjadi presiden Guinea Katulistiwa sejak tahun 1979. Perbedaan di antara keduanya adalah mereka jadi presiden dengan selisih satu bulan saja.

Teodoro hingga kini diketahui masih menjadi presiden Guinea Katulistiwa, yang artinya dia berkuasa di negara tersebut selama 38 tahun, dan mungkin akan mencapai usia pemerintahannya yang ke-39 tahun ini.

Teodoro menjadi presiden setelah menggulingkan pamannya, Francisco Macías Nguema, pada sebuah kudeta berdarah tanggal 3 Agustus 1979. Pamannya itu diketahui telah melakukan berbagai aktivitas membahayakan selama dekade sebelumnya dan dijatuhi hukuman mati.

Aktivitas dari pamannya itu antara lain adalah melakukan genosida (pembunuhan massal) terhadap masyarakat Bubi. Francisco Macías Nguema pun dieksekusi oleh regu tembak pada tanggal 29 September 1979. Sejak itu, Teodoro resmi menjadi presiden Guinea Katulistiwa hingga saat ini.

Sayangnya, Teodoro dianggap oleh rakyatnya sendiri sebagai seorang diktator, yang menyebabkan kesengsaraan dan penderitaan bagi seluruh rakyat Guinea Katulistiwa. Anggapan itu benar, karena rupanya, Teodoro telah melakukan tindak pidana korupsi.

Pada tahun 2003, Teodoro sempat melantangkan perang terhadap korupsi, maka dari itu ia turut aktif langsung dalam mengawasi uang negara serta kas negara. Tapi parahnya hal tersebut hanya menjadi akal-akalan belaka, aksi pengawasan langsungnya malah menarik USD 500 juta (sekitar Rp 6,4 triliun) untuk disetorkan ke rekening pribadinya di Riggs Bank, Amerika Serikat.

Fidel Castro (49 Tahun)

Inilah presiden dengan jabatan terlama di dunia. Fidel Castro adalah Presiden Kuba yang menjabat selama 49 tahun. Fidel Castro memulai kepemimpinannya pada tahun 1958, saat usianya masih terbilang muda, yaitu 32 tahun.

Dalam memimipin, Castro menerapkan kebijakan ala komunis dan cenderung bersahabat dengan Uni Soviet kala itu. Karena hal itu, hubungan Kuba dan Amerika Serikat terbilang buruk.

Meski demikian, Fidel Castro terbukti berhasil memajukan negaranya dengan beberapa prestasi. Kuba mengalami kemajuan dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Sayangnya, Fidel Castro adalah seorang diktator. Siapapun yang menentang pemerintahannya, maka akan dihukum penjara.

Fidel Castro pun melepas jabatannya pada tahun 2008 karena masalah kesehatan yang tak kunjung membaik. Meski tak lagi menjabat sebagai presiden, Fidel Castro tetap mengambil andil dalam urusan pemerintahan, sampai akhirnya dia meninggal pada tanggal 25 November 2016.

Selain masa jabatannya yang panjang, Fidel Castro juga pernah membacakan pidato terpanjang di depan PBB, dengan durasi sepanjang 4 jam dan 29 menit pada 26 September 1960 (menurut situs PBB). Rupanya, pidato di hadapan PBB itu bukanlah pidato terpanjangnya.

Fidel Castro pernah tercatat membacakan pidato selama 7 jam 30 menit pada 24 Februari 1998 setelah ia terpilih kembali menjadi presiden.

Itulah presiden-presiden dengan masa jabatan paling lama di dunia. Mungkin mereka bisa menjabat lama bukan karena prestasinya, melainkan menerapkan pemerintahan dengan cara diktator, sehingga lawan politiknya tak ada yang bisa melawannya. Jangan sampai Indonesia memiliki pemimpin yang diktator.

Baca Juga : Inilah 7 Menu Sarapan Khas Dari Negara Tetangga Indonesia

Baca Juga : 7 Bukti Nyata Kalau Bercinta Itu Dapat Menyehatkan Tubuh

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.