4 Film Tentang Sejarah Hiroshima Dan Nagasaki

Film Sejarah Hiroshima Dan Nagasaki

Kalau kalian suka sejarah pasti nggak asing sama pengeboman Hiroshima Dan Nagasaki oleh pihak Amerika Serikat.

Sedikit kisah sejarahnya nih, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada bulan Agustus 1945, tahap akhir Perang Dunia Kedua.

Dua operasi pengeboman yang menewaskan sedikitnya 129.000 jiwa ini merupakan penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama dan terakhir kalinya dalam sejarah.

Pada tahun terakhir Perang Dunia II, Sekutu bersiap-siap melancarkan serbuan ke daratan Jepang yang memakan biaya besar.

Amerika Serikat sebelumnya melaksanakan kampanye pengeboman yang meluluhlantakkan banyak kota di Jepang. Perang di Eropa selesai setelah Jerman Nazi menandatangani instrumen penyerahan diri pada tanggal 8 Mei 1945.

Akan tetapi, Jepang menolak memenuhi tuntutan Sekutu untuk menyerah tanpa syarat. Perang Pasifik pun berlanjut.

Bersama Britania Raya dan Cina, Amerika Serikat meminta pasukan Jepang menyerah dalam Deklarasi Potsdam tanggal 26 Juli 1945 atau menghadapi “kehancuran cepat dan besar” karena Jepang mengabaikan ultimatum tersebut.

Berikut ada 4 Film Tentang Sejarah Hiroshima Dan Nagasaki yang wajib kalian tonton :

hr.jpg

1. Hiroshima

Film karya Hideo Sekigawa berjudul Hiroshima yang rilis pada tahun 1953 ini adalah menampilkan secara jelas detik-detik bom dijatuhkan serta dampaknya bagi Hiroshima dan Nagasaki di Jepang secara langsung serta tidak kurang emosional para warga pun lengkap dalam film ini.

Film ini dimulai beberapa tahun setelah pemboman, di kelas dalam sebuah sekolah, Pengeboman itu termasuk bencana yang termasuk masih baru dalam sejarah jepang, namun beberapa kehidupan telah kembali normal.

Walaupun begitu, banyak anak-anak terserang penyakit radiasi (atau bekas luka bakar) yang diakibatkan oleh bom nuklir yang diledakkan dan mereka pun dikucilkan oleh penduduk.

Awalnya, para dokter dan petugas kesehatan tidak menyadari bahaya dan efek keracunan radiasi jangka panjang sehingga sistem pengobatannya tidak tuntas.

Pemerintah Jepang juga lamban dalam mengakui besarnya dampak yang diakibatkan bom nuklir tersebut sehingga masalah dan warga yang mencoba mendapatkan pertolongan dipandang sebelah mata atau malah dianggap aib bagi masyarakat.

Selanjutnya, periode waktu dari film tersebut bergeser ke Hiroshima tepat sebelum bom dijatuhkan Disana, kita bisa melihat semua orang menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

Saat bom meledak, tidak ada sirene tanda bahaya dari serangan udara sehingga semua orang benar – benar buta oleh ketidak – tahuan mereka.

Muatan atom dijatuhkan dan tiba-tiba area Hiroshima yang damai berubah menjadi neraka nuklir.

Salah satu adegan yang paling pedih adalah ketika ada seorang guru terluka parah, membawa anak-anaknya ke sungai untuk menghilangkan rasa haus dan mendinginkan luka bakar mereka tapi tanpa sepengetahuan guru itu, ternyata sungai itu dipenuhi zat radiasi.

Saat mereka perlahan-lahan menyusuri sungai, mereka semua mati, tubuh mereka terbawa oleh arus air beradiasi yang mengalir dengan puing – puing reruntuhan yang begitu banyak.

hmr.jpg

2. Hiroshima Mon Amour

Film ini sangat berbeda dari film bertema tragedi bencana pengeboman pada umumnya karena lebih berfokus pada karakter dari pemain film yang diceritakan terlibat dalam peristiwa Hiroshima.

Hiroshima Mon Amour (1959) adalah film New Wave Perancis yang hampir seluruhnya terdiri dari percakapan bertema romance antara seorang arsitek Jepang (diperankan oleh Eiji Okada) dan seorang aktris Prancis (diperankan oleh Emmanuelle Riva) yang terjalin dalam kisah romansa.

Keduanya berdiskusi tentang kejadian Hiroshima bagi mereka secara pribadi dan bagaimana mereka mengingatnya.

Gagasan bahwa ingatan adalah salah satu tema utama film ini karena wanita tersebut terus – menerus diinterupsi oleh desakan kekasihnya bahwa dia mengingat sesuatu dengan tidak benar .

Baca Juga : Masih Ingat Dengan Osas ? Ternyata Nama Ibu Dan Ayahnya Sama Bikin Pusing

Baca Juga : Terjadi Tabrakan Hebat Antara Harley Davidson Dan Mazda CX-5

Keduanya memiliki pengalaman tentang pengeboman Hiroshima dan Nagasaki yang sangat berlawanan dengan perang, cinta, dan kehilangan namun masing-masing merasakan sakit dan putus asa untuk membuat orang lain mengerti sebelum mereka harus berpisah.

Sementara rasa sakit yang diderita orang Jepang selama pemboman itu sangat besar dan tak terduga, aktris ini mencoba mengkontekstualkan kesedihan ini dengan kejadian dari kehidupan lampau di Prancis, khususnya sebuah ketakutan publik yang dia alami dari desa kecil tempat dia tinggal.

Mungkin ini dapat dilihat berpusat pada diri sendiri, namun keseluruhan inti perasaan yang ditunjukan dalam film ini adalah menemukan landasan bersama dan inilah bagaimana dia berusaha melakukannya.

Jangan lupa juga bahwa latar belakang film ini terjadi saat pengeboman Hiroshima maka tembakan dengan rekaman korban bom yang menghancurkan dan menghancurkan desa tidak akan jarang didengar saat menonton film ini.

bg

3. Barefoot Gen

Ketika anime sudah lazim menceritakan tentang politik dan perang, kebanyakan dari mereka lebih mengutamakan sisi fantastisnya.

Barefoot Gen (1983) adalah representasi yang realistis dari pemboman Hiroshima dan Nagasaki tahun 1945 di Jepang.

Sudah diketahui bahwa sebagian besar film dan sastra di Jepang setidaknya sedikit terpengaruh oleh acara ini seperti pada film Godzilla menjadi salah satu budaya tidak jarang mengambil sedikit tragedi tersebut.

Barefoot Gen didasarkan pada manga dengan nama yang sama oleh Keiji Nakazawa dan menyimpan desain karakter sederhana.

Ceritanya mengikuti seorang anak laki-laki bernama Gen saat ia menjalani rutinitas normalnya seperti biasa hingga tiba pada hari pemboman.

Tampilan filmnya imut, namun begitu tragedy pengeboman itu menurut mimin animenya sedikit aneh dan mengganggu.

Urutan yang terjadi tepat setelah bom atom itu jatuh adalah salah satu scene yang paling mengganggu yang pernah mimin lihat.

Menonton orang-orang meledak dalam nyala api sementara bola mata mereka meleleh dari tengkorak mereka bukanlah pemandangan yang menyenangkan untuk disajikan dalam anime.

Film ini terus menunjukkan cobaan dan kesengsaraan yang dialami Gen saat ia mencoba hidup setelah masa – masa penghancuran.

Desain karakter yang simpel membantu memperkuat sudut pandang anak-anak sehingga dapat memahami situasi mereka dengan cukup mudah.

hiroshima dan nagasaki.jpg

4. Hellfire: A Journey From Hiroshima

Toshi dan Iri Maruki adalah pasangan artis ternama yang sudah melegenda dalam sejarah di Jepang yang menghabiskan sebagian besar hidup mereka dalam masa-masa sulit di Jepang.

Mereka berkolaborasi dalam bidang seni mereka. Iri yang mengkhususkan diri pada kesenian yang menggores tinta tradisional dan Toshi yang memusatkan diri pada lukisan berbahan dasar cat minyak.

Ketika Hiro dan Iri pertama kali mengetahui tentang pemboman di Hiroshima dan Nagasaki, mereka sebagai pasangan muda, pergi ke sana untuk membantu para penduduk.

Penderitaan yang mereka saksikan selama waktu itu menginspirasi mereka untuk menciptakan semacam dokumenter yang menggambarkan rasa sakit yang dialami orang Jepang.

Yang menarik dari film dokumenter ini adalah anda akan merasakan luka dan penderitaan yang tak pernah berakhir dalam masa pengeboman itu.

Setelah documenter tentang Hiroshima, mereka mendapatkan pengakuan secara internasional, Marukis mengarahkan perhatian mereka pada tragedi-tragedi lain seperti Pemerkosaan Nanking, The Holocaust, dan sebuah insiden di mana orang-orang bisnis Jepang membuang merkuri ke dalam sebuah sungai yang meracuni banyak warga sipil.

Pada saat syuting, mereka meletakkan sentuhan akhir pada sebuah karya tentang Neraka, yang dihuni oleh banyak pemimpin dunia dan tokoh sejarah tercela.

Toshi berkomentar “Kebanyakan dari mereka yang dianggap sebagai pahlawan sejarah ada di neraka dan kita juga berada di neraka itu”.

Baca Juga : Pasangan Gay Yang Buka Layanan Seks Di Twitter Telah Ditangkap Polresta Depok

Baca Juga : Mengetahui Kisah Nyata Junko Furuta Wanita Jepang Yang Disiksa 44 Hari

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Di sini.jpg

Leave a Reply