Hobi Fotografi Bawah Air? Gadget Ini Bisa Dibawa Menyelam Hingga 6 Meter

Gadget Ini Bisa Menyelam Hingga 6 Meter

60DetikInet ~Teknologi tahan air alias water resistant kini tak hanya diaplikasikan pada produk arloji. Beberapa gadget jenis ponsel pintar (smartphone) lini terbaik kini sudah dilengkapi dengen teknologi kedap air.

Menariknya, pada gadget tahan air ini diberikan peringkat yang menunjukkan level ketahanannya terhadap debu dan berapa lama dapat tetap terendam di bawah air tanpa mengalami kerusakan apapun.

Peringkat maksimum yang bisa didapat ponsel pintar adalah lisensi IP68, ini mengindikasikan gadget itu tahan debu dan bisa masuk hingga ‘sedalam-dalamnya’ dan tetap terendam dalam waktu yang ‘diklaim pabrikan’.

Dikutip dari laman smartphone-photography.com, Jumat (12/11/2021), secara teknis, jika Anda memiliki ponsel pintar tahan air, Anda dapat mengambil gambar apapun menggunakan gadget ini di bawah air.

Seberapa tahan ponsel pintar anda terhadap air?

Kemampuan ponsel pintar untuk terendam air dan terus bekerja, tentu dikategorikan dengan apa yang disebut sebagai ‘peringkat IP’.

IP adalah peringkat Perlindungan Internasional yang terkadang disebut peringkat Perlindungan Ingress yang mengukur kemampuan perangkat untuk menahan cairan dan debu agar tidak masuk ke dalam.

Digit pertama setelah ‘IP’ berkaitan dengan perlindungan partikel padat yang tahan terhadap debu dan kotoran, sedangkan angka kedua menunjukkan ketahanan terhadap air.

Sebagian besar ponsel pintar tahan debu dan tahan air memiliki peringkat perlindungan partikel padat 6 yang merupakan peringkat tertinggi dan itu mengindikasikan adanya perlindungan penuh terhadap kotoran dan debu.

Peringkat tahan air memang bisa naik hingga angka 9, namun ponsel pintar yang dipasarkan dengan inovasi ‘tahan air’ ini biasanya memiliki peringkat 7 atau 8.

Lalu apa arti angka-angka itu?

Ponsel pintar yang memiliki peringkat IP tahan air 7 dapat direndam hingga kedalaman 1 meter atau sekitar 3 kaki dalam air, dengan waktu maksimal 30 menit.

Sementara peringkat IP tertinggi untuk ketahanan air yang bisa didapatkan ponsel pintar adalah 8, ini berarti perendaman bisa dilakukan terus menerus pada kedalaman lebih dari 1 meter sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Jadi, jika ponsel anda memiliki peringkat IP67, itu berarti tidak dapat dimasuki kotoran atau debu apapun dan dapat menyelam hingga kedalaman 1 meter di bawah air selama 30 menit.

Namun, jika ponsel pintar anda diberi peringkat IP68, anda tidak hanya akan mendapatkan perlindungan lengkap terhadap potensi masuknya debu, namun juga dapat menenggelamkannya lebih dalam di atas angka 1 meter di bawah air selama jangka waktu yang telah ditentukan oleh pabrikan ponsel anda.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa berapa batas kedalaman bawah air yang bisa dilakukan ponsel pintar berperingkat IP68 anda, sebelum memutuskan untuk mencelupkannya ke dalam air.

Bisakah anda merendam ponsel pintar itu dalam cairan lain selain air?

Peringkat IP ponsel pintar umumnya memiliki arti perlindungan terhadap masuknya air ke tingkat tertentu pada jenis air tawar.

Jadi jika ponsel anda ‘berendam’ di kolam, gadget itu tentu akan baik-baik saja. Pastikan Anda mengeringkannya menggunakan kain yang bersih dan lembut.

Namun, jangan menggunakan ponsel pintar water resistant ini di bak mandi air panas maupun air dingin, karena dapat merusak ponsel pintar tersebut.

Selain itu, air asin seperti air laut juga dapat menyebabkan beberapa masalah jika tidak ditangani secara benar.

Jika ponsel pintar anda terkena air asin, anda harus membilasnya dengan air tawar yang bersih. Setelah itu, keringkan secara menyeluruh.

Karena saat anda membiarkannya mengering secara alami, kemungkinan partikel garam dapat terjepit di suatu tempat dalam ponsel anda dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Tahan air ini mengacu pada paparan air tawar, bukan jenis air lainnya.

Karena itu, tidak ada jaminan bahwa perlindungan yang sama akan diberikan terhadap air yang diolah secara kimia, seperti alkohol, susu, jus, minyak, atau apapun yang tidak dikategorikan sebagai air tawar.

Saat ponsel pintar diuji untuk ketahanan air, gadget ini hanya diuji pada air tawar, dan tidak ada jenis air lainnya.

Peringkat ponsel pintar lisensi IP67 atau IP68 tidak termasuk memberikan perlindungan terhadap air bertekanan. Maka, sebaiknya jauhkan pancaran air atau air bertekanan tinggi dari ponsel Anda.

Terkait dengan keunggulan water resistant ini, anda bisa memperolehnya dari ponsel pintar iPhone 13 yang berlisensi IP68.

iPhone 13 ini hadir dalam 4 lini yakni iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Bagaimana dengan desainnya?

iPhone 13 memiliki desain tepi datar yang sama seperti iPhone 12, serta memiliki kaca Perisai Keramik (Ceramic Shield).

Selain itu, iPhone 13 pun telah didesain dengan keunggulan tahan debu dan air dengan lisensi IP68, ini mengindikasikan ponsel pintar ini dapat diajak menyelam hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Semua lini iPhone terbaru ini hadir dengan prosesor A15 Bionic baru, fitur kamera yang ditingkatkan, tampilan yang lebih baik, dan masa pakai baterai yang lebih optimal dibandingkan iPhone generasi sebelumnya.

Untuk kapasitas baterai yang lebih besar dan teknologi yang lebih canggih, iPhone 13 dan 13 Mini hadir dengan harga yang sama dibandingkan iPhone 12 dan 12 Mini.

Untuk varian iPhone 13 Pro juga memiliki harga yang lebih affordable dibandingkan iPhone 12 Pro.

Baca Juga:Huawei Watch GT 3 Hadir dengan Sistem Operasi HarmonyOS

Baca Juga:Harga dan Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, Pre Order Mulai 12 November 2021

 

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.