Akhirnya Indonesia Sah Kuasai 51 Persen Saham PT Freeport

Indonesia Kuasai Saham PT Freeport

Berita Hari Ini ~ Hari ini induk holding BUMN tambang, PT Inalum melakukan penandatanganan perjanjian awal (Head of Agreement) dengan Freeport McMoRan Inc, PT Freeport Indonesia, dan Rio Tinto. Perjanjian awal ini merupakan payung hukum yang memberi kepastian Indonesia resmi mengambil alih saham Freeport hingga 51%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penandatanganan ini merupakan suatu langkah strategis untuk mewujudkan kesepakatan pemerintah dengan PT Freeport Indonesia dan Freeport McMoRan Inc yang telah dicapai pada 27 Agustus 2017.

“HoA ini merupakan suatu langkah maju dan strategis untuk mewujudkan kesepakatan RI dan PT. Freeport Indonesia dan Freeport McMoRan,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7).

Adapun kesepakatan pada 27 Agustus 2017 antara lain terkait landasan hukum yang mendasari bentuk Izin Usaha Pertambahan Khusus (IUPK) untuk Freeport, divestasi saham 51% untuk kepemilikan Indonesia, pembangunan smelter di dalam negeri, penerimaan negara lebih besar dibandingkan rezim Kontrak Karya, dan perpanjangan operasi 2 kali 10 tahun.

Sri Mulyani mengatakan untuk mendukung divestasi saham sudah dilakukan perjanjian antara Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika, yang nantinya secara bersama akan mendapatkan hak 10% saham Freeport.

Sementara untuk peningkatan penerimaan negara sesuai pasal 169 UU Nomer 4 Tahun 2009 soal pertambangan mineral dan batubara, Kemenkeu sudah memastikan pengenaan tarif dan penerimaan negara dalam bentuk IUPK, termasuk memastikan ketersediaan regulasi bagi semua investor dalam memberikan stabilitas pembayaran kewajiban penerimaan negara.

Penguasaan Mayoritas Saham Freeport

“Alhamdulillah sekarang sudah bisa HoA dan memang seperti yang sudah dijelaskan Bu Ani (Menkeu), kami bersama-sama lakukan divestasi ini. Ini juga ada bu Siti (Menteri LHK), ini sangkutannya pada kami berempat. Jadi, ini sinergi,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan melalui pengusaan mayoritas di saham Freeport oleh Iinalum ini, diharapkan pengelolaan Freeport akan lebih baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap perjanjian ini bisa segera difinalisasi. Dia juga berharap aturan stabilisasi investasi melalui Peraturan Pemerintah segera selesai agar IUPK Operasi Produksi setelah divestasi bisa tuntas dan stabilitas investasi sudah sepakat.

“Smelter dan ketentuan lain itu sudah enggak ada masalah dari tahun lalu. Ini juga perlu rekomendasi tertulis dari KHLK untuk syarat perpanjangan 2×10. Bahwa perpanjangan itu bisa diberikan dengan rekomendasi dari KLHK. Jadi kalau enggak ada masalah bisa kita kasih,” katanya.

Baca Juga : Suami Ini Tega Sewakan Istrinya Untuk Seks Threesome Demi Bayar Hutang !!

Baca Juga : 9 Lokasi Wisata Indonesia Yang Menyerupai Indahnya Di Luar Negeri

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.