Ini Dia Penyebab Motor Menjadi Boros

60DetikInet ~Penyebab motor boros bengsin bisa terjadi karena banyak hal. Selain masalah teknis, adalah gaya berkendara motor yang agresif.

Namun, bila Anda berkendara normal (eco riding) tetapi motor tiba-tiba boros dari biasanya, apa yang terjadi? Berikut lima penyebab motor jadi boros bensin:

1. Tangki Bensin Tidak Ditutup Rapat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika sebuah kendaraan mengalami boros bensin adalah bagian tangkinya. Pastikan Anda menutup tangki tersebut dengan rapat karena bensin sendiri merupakan jenis cairan yang mudah menguap.

Untuk itu harus diletakan dalam tempat yang tertutup rapat. Tutup tangki motor yang kurang rapat dapat menyebabkan bensin meluber saat melewati jalanan berbatu atau berlubang. Maka dari itu, Anda harus memastikan untuk menutup tangki motor dengan cukup rapat.

Jika ternyata sudah ditutup rapat namun bensin masih luber sesekali. Artinya Anda harus mengganti tutup tangki dengan yang baru. Karena bisa jadi, tutup tangki motor Anda sudah tidak layak pakai.

2. Rem Seret

Rem seret akan membuat kendaraan Anda mengeluarkan tenaga keras untuk menggerakan roda motor. Hasilnya, mesin motor akan menjadi lebih cepat panas dan bahan bakar Anda akan terkuras dengan cepat.

Rem cakram yang terlalu seret atau kencang biasanya selain dipengaruhi oleh setelan yang kita lakukan, juga bisa disebabkan oleh kotoran atau kerak yang menempel di bagian tersebut. Sehingga, Anda harus membersihkannya secara rutin.

3. Filter Udara Kotor

Filter udara merupakan komponen dalam motor yang memiliki peranan cukup penting. Komponen itu berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Jika tidak rutin dibersihkan, perangkat satu ini akan mengalami kondisi yang sangat kotor.

Nah, kotoran tersebut akan menghambat aliran udara yang seharusnya masuk. Padahal, piston motor tetap bekerja dengan normal. Hanya saja, udara yang masuk akan sangat sedikit. Kondisi ini akan menyebabkan bensin ikut terhisap dalam proses pembakaran dan menyebabkan pemborosan.

4. Sistem Pengapian Motor Terganggu

Sistem pengapian yang tidak menghasilkan pembakaran sempurna akan membuat mesin motor kurang bertenaga saat digunakan. Akibatnya, Anda harus menarik gas dengan sedikit lebih ekstra untuk melaju kencang di jalanan.

Tentunya, ini akan berdampak terhadap pembakaran bensin yang terjadi. Semakin keras usaha Anda untuk menarik gas, maka semakin besar pula daya mesin yang dikeluarkan dan semakin banyak bensin yang ikut proses pembakaran.

5. Rantai Motor Kendur atau Belt CVT Melar

Siapa sangka rantai motor yang kendur juga bisa menyebabkan bensin menjadi boros penggunaannya. Hal ini dikarenakan rantai kendur akan menyebabkan tarikan ke roda menjadi berat.

Untuk motor matik atau skutik kondisi sabuk atau belt CVT yang melar juga bisa membuat motor boros bensin. Kondisi melebarnya sabuk CVT itu merupakan tanda perlunya penggantian sabuk yang lebih baru. Apabila tidak diganti maka konsumsi bahan bakar akan jadi boros dan sabuk CVT bisa tiba-tiba putus.

Baca Juga:Cara Memaketkan Pulsa lewat Aplikasi MyTelkomsel

Baca Juga:Mengunci Jaringan 4G

 

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.