Kisah Georges Melies Filmmaker Sang Pencipta Sihir Ilusi Tiga Dimensi

Georges Melies Filmmaker Pencipta Sihir Ilusi Tiga Dimensi

Dunia film sekarang menjadi salah satu media hiburan terbesar di dunia. Berbagai teknologi canggih sudah tersemat didalam setiap pembuatan fillm baik dari animasi, petualangan, aksi, hingga horror sekalipun.

Tujuannya hanya satu, agar memberikan efek “WOW” ketika para penonton melihatnya. Sudah banyak film yang memiliki efek animasi keren yang mampu membuat kita terkagum-kagum dan terhipnotis.

Namun, taukah kamu, semua efek film itu ternyata dicetuskan oleh seorang pria bernama Georges Melies. Bukan di tahun 1900an, dia membuat itu pada tahun 1885, 130 tahun yang lalu!

Georges Melies lahir di Paris, Perancis. Dilahirkan dalam keluarga yang memiliki bisnis sepatu di salah satu daerah elit Perancis, Boulevard Saint-Martin.

Bersekolah di salah satu sekolah pendidikan klasik, malah memunculkan darah seni yang deras dalam diri Melies.

Saat umurnya 10 tahun, Melies sudah membuat pertunjukan boneka puppet sendiri dan hampir setiap hari dia mengisi waktu pelajarannya di sekolah dengan menggambar.

Masuk masa remaja, Melies berhijrah ke London untuk menimba ilmu pertunjukan. Rasa ingin tahunya semakin liar, yang akhirnya membuat dia jatuh ke dalam dunia pertunjukan sulap.

Kembali ke Paris semangatnya dalam seni pertunjukan membawanya masuk dalam Teater buatan Jean Eugene Robert Houdin, salah satu pesulap paling terkenal di dunia.

Awal Mula Georges Melies Membuat Hal Baru Dalam Perfileman

Melies membeli sebuah alat film animasi dengan harga 1.000 Franc dari pria bernama Robert Paul. Melies memiliki cara yang unik untuk mengolah film yang dia buat.

Dia berkontribusi dalam semua peran dalam pembuatan filmnya dari peran hingga teks narasi ceritanya.

Selain itu, dia melakukan kombinasi beberapa unsur teatrikal termasuk menggunakan gambar bergerak di dalam filmnya. Dan itu sesuatu yang baru dalam dunia perfileman saat itu.

Beberapa teknik pengambilan gambar dari Melies juga masih digunakan sampai sekarang, seperti double exposure, split screen, dan the first dissolve.

Salah satu film paling terkenal buatan dari Melies saat itu adalah Cinderella yang ditayangkan pada tahun 1899. Dan itu pertama kalinya Cinderella diadaptasi dalam sebuah layar film.

Menjadi salah satu pioner di dunia film bersama dengan Thomas Edison, D.W Griffith, dan Lumiere bersaudara, George Melies membangun sebuah studio film pertama di Eropa.

Dirinya dikenal sebagai salah satu orang yang memberikan dampak besar pada perkembangan film di daerah Eropa.

Tahun 1896, Melies membangun studio yang dia sebut sebagai Studio A di salah satu pekarangan rumahnya di Paris. Studio tersebut dibuat dengan konsep seperti rumah kaca.

Seluruh bangunannya dipenuhi dengan kaca. Namun, studio tersebut ternyata tidak hanya dijadikan tempat pembuatan film saja.

Perfileman.jpg

Menjadi Figur Yang Paling Menginspirasi Di Dunia Perfileman

Saat terjadi krisis perang, Studio A tersebut akhirnya dialihfungsikan sebagai salah satu rumah sakit darurat di Paris. Setelah krisis perang terjadi, studionya mengalami kebangkrutan dan terpaksa harus tutup.

Tidak pernah ada yang menyangka Georges Milies malah menjadi seorang filmmaker terkenal dan paling berpengaruh di dunia perfilman, alih alih menjadi pesulap.

Tapi, inilah dia salah satu figur yang paling menginspirasi dan memberikan banyak terobosan dalam dunia perfilman. Melies sendiri sudah mencipatakan 500 judul film.

Beberapa filmnya yang terkenal adalah film fiksi adaptasi pertama yaitu Cinderella, film bisu sci-fc dengan judul Le Voyage dans la Lune, dan film dengan judul Four Head Are Better Than One.

Krisis pasca perang yang melanda Eropa membuat Melies berpikir keras agar karya-karyanya tidak hancur dan tetap bisa dinikmati.

Akhirnya, Melies pergi ke Amerika bersama dengan Gaston untuk mengenalkan film-film Melies di sana. Gaston sendiri diberi tugas untuk menjaga agar hak paten film yang dibuat oleh Melies terjaga dengan baik.

Dirinya juga dipercaya Melies untuk memantau distribusi film-film tersebut selama di Amerika. Gaston pun akhirnya juga membuat sebuah studio film sendiri dengan karakter Amerika yang dia namanakan America West.

Baca Juga : 8 Kisah Legenda Naga Paling Populer Yang Ada Dalam Sejarah Dunia

Baca Juga : Beredar Pesan Ahok Jelang Pilkada 2018 Dan Pilpres 2019 Kepada Ahokers

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

Agen Togel Online Terpercaya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply