Masker Kain Tidak Melindungi Anda Dari Infeksi Virus Corona

Berita Hari Ini ~Mulanya, masker kain memang disarankan untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19. Meskipun, efektivitasnya mencegah partikel kecil virus corona tidak sebaik masker medis, seperti masker bedah, masker KN95 dan lainnya.

Tapi, sekarang Anda harus tahu bahwa masker kain tidak melindungi Anda dari infeksi virus corona Covid-19, baik itu disebabkan oleh varian virus corona yang ringan atau tidak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan penggunaan masker sebagai bagian dari tindakan pencegahan dan pengendalian untuk membatasi penyebaran virus corona Covid-19.

Dalam pedomannya yang dikeluarkan pada Desember 2020, WHO telah menginformasikan bahwa masker saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan yang memadai, bahkan jika digunakan dengan benar.

Tapi, penggunaan masker yang dibarengi dengan kebiasaan sanitasi atau cuci tangan yang tepat bisa membantu mencegah penularan virus corona Covid-19.

Saat ini dilansir dari Times of India, ada berbagai jenis masker yang digunakan untuk mencegah virus corona Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah mengkategorikan masker dalam jenis berikut.

1.Masker kain yang terbuat dari kapas atau kain sintetis
2.Masker bedah dengan 3 lapisan yang harus dibuang sekali pakai
3.Masker KN95 atau respirator sebagai masker non-medis dengan desain lengkung empat atau lima lapis

Dalam hal ini, masker kain memang mampu menyaring tetesan pernapasan yang dikeluarkan pemakainya ketika berbicara, batuk atau bersin.

Masker kain juga berfungsi sebagai penghalang untuk melindungi pemakainya dari menghirup tetesan yang dikeluarkan oleh orang lain.

Masker kain yang paling efektif terbuat dari beberapa lapisan, yakni kain yang ditenun rapat seperti kapas. Karena, masker kain ini akan mencegah lebih banyak tetesan pernapasan yang masuk dan keluar dari mulut serta hidung.

CDC mengatakan hanya masker kain yang memiliki kawat hidung, dan terbuat dari kain yang menghalangi cahaya yang efektif melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Menurut American Conference of Governmental Industrial Hygienists, seseorang bisa tertular virus corona Covid-19 dalam waktu 15 menit bila berada dalam kurang dari 6 kaki dengan orang lain tanpa memakai masker.

Sedangkan, masker kain hanya mampu melindungi diri dari penularan virus corona Covid-19 dalam kurun waktu 27 menit.

Sementara, masker N95 atau respirator mampu melindungi diri dari penularan virus corona selama 2.500 jam.

Studi lebih lanjut juga menemukan bila orang yang terinfeksi memakai masker kain dan orang di sekitarnya memakai masker N95, maka virus tidak bisa menjangkau orang di sekitarnya selama 2,5 jam.

Baca Juga:4 Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah dan Aman

Baca Juga:Survei:Nyinyir dan Tekanan Sosial Kepada Pasangan Yang Menunda Memiliki Anak

 

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.