Matahari Buatan Korea Berhasil Cetak Rekor 100 Juta Derajat

Korea Cetak Rekor 100 Juta Derajat Untuk Matahari Buatan

60DetikInet ~ Korea Superconducting Tokamak Advanced Research (KSTAR), perangkat fusi superkonduktor yang juga dikenal sebagai Matahari buatan Korea, mencetak rekor dunia baru karena berhasil mempertahankan plasma bersuhu tinggi selama 20 detik dengan suhu ion lebih dari 100 juta derajat.

Pada 24 November, Pusat Penelitian KSTAR di Korea Institute of Fusion Energy (KEF) mengumumkan bahwa dalam penelitian bersama dengan Seoul National University (SNU) and Columbia University of the United States, mereka berhasil melakukan pengoperasian plasma yang berkelanjutan selama 20 detik dengan suhu ion lebih tinggi dari 100 juta derajat, yang merupakan salah satu syarat inti fusi nuklir dalam Kampanye Plasma KSTAR 2020.

ini merupakan pencapaian perpanjangan waktu operasi plasma 8 detik selama Kampanye Plasma KSTAR 2019 sebanyak lebih dari 2 kali. Dalam percobaan 2018, Matahari buatan ini mencapai suhu ion plasma 100 juta derajat untuk pertama kalinya dengan waktu retensi: sekitar 1,5 detik.

Untuk menciptakan kembali reaksi fusi yang terjadi di Matahari di Bumi, isotop hidrogen harus ditempatkan di dalam perangkat fusi seperti KSTAR untuk menciptakan keadaan plasma di mana ion dan elektron dipisahkan, dan ion harus dipanaskan dan dipertahankan pada suhu tinggi.

Sejauh ini, ada perangkat fusi lain yang mampu mengatur plasma secara singkat pada suhu 100 juta derajat atau lebih tinggi. Tak satu pun dari mereka memecahkan penghalang mempertahankan operasi selama 10 detik atau lebih. Ini adalah batas operasional perangkat konduktor normal dan sulit untuk mempertahankan keadaan plasma yang stabil dalam perangkat fusi pada suhu tinggi untuk waktu yang lama.

Dalam percobaan tahun 2020, KSTAR meningkatkan kinerja mode Internal Transport Barrier (ITB), salah satu mode operasi plasma generasi berikutnya yang dikembangkan tahun lalu dan berhasil mempertahankan status plasma untuk jangka waktu yang lama, mengatasi batasan yang ada operasi plasma suhu ultra-tinggi.

“Teknologi yang dibutuhkan untuk operasi jangka panjang 100 juta plasma adalah kunci realisasi energi fusi, dan keberhasilan KSTAR dalam mempertahankan plasma bersuhu tinggi selama 20 detik akan menjadi titik balik penting dalam perlombaan untuk mengamankan teknologi untuk operasi plasma berkinerja tinggi yang panjang, komponen penting dari reaktor fusi nuklir komersial di masa depan,” kata Director KSTAR Research Center di KFE Si-Woo Yoon.

KSTAR mulai mengoperasikan perangkatnya Agustus lalu dan melanjutkan percobaan pembangkit plasma hingga 10 Desember. Matahari buatan ini melakukan total 110 percobaan plasma yang mencakup operasi plasma kinerja tinggi dan percobaan mitigasi gangguan plasma, yang merupakan percobaan penelitian bersama dengan penelitian dalam dan luar negeri.

Baca Juga : Piaggio MP3 Skuter Roda 3 Bakal Punya Sayap Pembelah Angin

Baca Juga : 4 Alasan Produk Apple Selalu Laris Walau Tinggi Harganya

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.