Pagpag Makanan Unik Filipina Dari Sisa Sampah Bekas Restoran Yang Di Daur Ulang

Pagpag Makanan Sisa Sampah Restoran Dari Filipina

Berita Hari IniPagpag adalah Makanan Sisa dari sampah bekas restoran yang diambil dan di daur ulang kembali untuk dijual atau di gunakan sebagai lauk pauk masyarakat miskin yang tinggal di pinggiran kota Manila, Filipina.

Bagi kita memang terdengar jorok dan menjijikkan akan tetapi faktanya makanan unik ini menjadi salah satu makanan idola kesayangan masyarakat kelas bawah di filipina.

Hal ini terjadi karena masyarakat tidak mampu di sana tidak dapat membeli dan menikmati renyahnya daging sapi, seafood, kambing, ayam dan berbagai macam olahan makanan yang biasa disajikan di restoran-restoran mewah.

Pemerintah disana melegalkan Penjualan Makanan sisa sampah Pagpag ini, Jadi para pedagang tidak secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi untuk mengelabui dagangan mereka seperti daging tiren yang disusupi ke daging segar.

Makanan Sisa filipina.jpg

Pencarian Bahan Makanan Sisa Untuk Pembuatan Pagpag

Proses awal pembuatan Pagpag dimulai dari Pencarian bahan makanannya yang berasal dari tempat pembuangan sampah yang berlokasi tidak jauh dari restoran.

Para pemburu makanan sisa akan mencari di sekitar jam 3 subuh sampai jam 5 pagi dimana pada jam inilah restoran dan sampah sisa dari masyarakat menengah keatas akan membuang makanan mereka.

pemburu Pagpag hanya akan menerima upah sebesar 6 dollar seminggunya dari hasil buruan sisa makanan yang akan di setorkan kepada pengepul makanan sisa sampah bekas restoran tersebut.

Daur Ulang pagpag.jpg

Proses Daur Ulang sisa makanan sampah

Selanjutnya proses daur ulang sisa makanan sampah Pagpag akan di lakukan jika bahannya sudah ada.

Pertama daging sisa semuanya akan di seleksi yang sapi khusus sapi, ayam ketemu ayam, begitupun pada daging bebek, kambing, seafood dan lainnya, Namun ada juga yang mempunyai rasa daging campur.

Setelah selesai di seleksi daging-daging tersebut akan di cuci bersih dan kemudian dimasukkan ke dalam satu wadah penggorengan untuk dimasak kembali dengan ditambahkan sedikit bumbu masak baru seperti daun bawang, garam dan bahan lainnya.

masak pagpag.jpg

Harga Yang Murah Dari Semangkuk Pagpag

Pagpag yang sudah matang dan siap di sajikan akan di jual seharga 20 Peso atau sekitar 5294 rupiah per mangkuk besar sedangkan untuk ukuran mangkuk kecil hanya seharga 10 peso 3000 rupiah.

Apakah kalian berminat untuk menikmatinya saat jalan-jalan ke filipina ? (atn/ymn)

Berikut Sebuah video dokumentasi makanan unik pagpag dari sisa sampah yang di dokumentasi BBC :

Baca Juga : Dukun Cabul Di Sukabumi Diciduk Usai Minta Wanita Telanjang Dan Dipegang Bagian Sensitifnya

Baca Juga : Keluarga Ini Mengamuk Di Ruang Jenazah RS Kandou Malalayang Manado Dan Minta Orang Tubuh Di Kembalikan

 

Ayo Daftar Dan Pasang Angka Jitu Kalian Sekarang

Cash Back 2% Untuk Semua Pasaran Setiap Minggunya

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.