Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Kudus

Bea Cukai Kudus Berhasil Menggagalkan Peredaran Rokok Ilegal Senilai 1,4M

Berita Hari Ini ~  Bea Cukai Kudus menggagalkan peredaran rokok ilegal. Dua orang beserta 1.392.000 batang rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang dimuat dalam truk berhasil diamankan.

“Tim Penindakan Bea Cukai Kudus kembali mendapati truk yang membawa rokok ilegal. Truk bermuatan rokok ilegal berhasil diamankan petugas di Jalan Raya Pantura Semarang Jumat (18/9) kemarin,” terang Kepala Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Gatot mengatakan, dalam penindakan tersebut pihaknya mengamankan rokok ilegal jenis SKM sebanyak 1.392.000 batang yang dimuat dalam sebuah truk. Selain rokok ilegal dua orang sopir dan kenek diamankan di Kantor Bea Cukai Kudus.

“Untuk proses lebih lanjut, seluruh barang bukti, truk, sopir, dan kenek berinisial MM (40) dan M (32) dibawa ke kantor Bea Cukai Kudus. Mereka selanjutnya untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata dia.

Gatot mengatakan penangkapan tersebut bermula setelah tim mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa terdapat truk pengangkut rokok ilegal dari Jepara, Jateng. Petugas segera melakukan penyisiran arah Jepara-Kudus, Kudus-Semarang serta jalur-jalur alternatif.

“Sekitar pukul 06.00 WIB tim berhasil menemukan truk tersebut sedang melaju kencang di Jalan raya Pantura Semarang. Usai mendapati truk sebagaimana informasi, tim kami segera berkoordinasi dengan tim Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY untuk melakukan pengejaran dan pencegahan. Pengejaran berakhir setelah truk berhasil dihentikan petugas gabungan di SPBU Petarukan, Kabupaten Pemalang,” papar dia.

Dari penindakan tersebut, total barang bukti tersebut ditaksir bernilai Rp 1,419 miliar dan berpotensi merugikan negara sebesar Rp 825,9 juta. Berdasarkan UU No 11 Tahun 1995, sebagaimana telah diubah dengan UU No 39 Tahun 2007 tentang Cukai, terperiksa dapat dipidana paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun.

“Ini merupakan penindakan rokok ilegal ke 62 yang dilakukan oleh tim penindakan Bea Cukai Kudus. Meski di tengah kondisi pandemi COVID-19, kami tidak akan lengah untuk menggempur peredaran rokok ilegal. Penindakan akan kami lakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang tepat,” tegas Gatot dalam keterangannya.

Baca Juga : 13 Kg Sabu Disembunyikan Dalam Bus di Tasikmalaya

Baca Juga : Kurir Narkoba Buang 38 Kg Sabu dan 6 Bungkus Ekstasi

 

Hari Gini Masih Galau Cari BO Yang Aman ? Mau Gabung Di BO Aman Dan Terpercaya ?
Mau Menang Jackpot Togel Dengan Modal 20rb? Segera gabung dapatkan Ragam Promo Menarik
Jadi Buruan Daftar Dan bergabung dengan kami

zvr
Bagaimana Reaksimu ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.